Merayakan Keberagaman Indonesia
Tentang HFN 2017

MERAYAKAN KEBERAGAMAN INDONESIA





Film sejak awal kelahirannya telah disadari sebagai medium komunikasi yang paling kuat dalam mempengaruhi publik. Film tidak hanya berperan sebagai media ekspresi semata,tetapi komoditas negara dan produk budaya. Berangkat dari kesadaran-kesadaran tersebut, pemerintah membentuk Hari Film Nasional sebagai wadah untuk mengapresiasi keberagaman peran yang dimiliki oleh film.

Tentunya perayaan Hari Film Nasional 2017 tidak dapat dilepaskan dari kondisi perfilman Indonesia yang mulai mengalami pertumbuhan yang pesat. Baik dari segi peningkatan kuantitas film yang diproduksi, jumlah penonton dan pembangunan bioskop baru di berbagai daerah. Di samping itu, bagaimana perkembangan tekhnologi digital mempermudah sistem distribusi dan ekshibisi bagi para pelaku perfilman. Kehadiran platform baru ini juga turut berkontribusi dalam melahirkan penikmat film baru selain penonton bioskop. Keberagaman yang tidak hanya dibentuk dari peran film, tetapi keberagaman yang turut didukung oleh pertumbuhan yang pesat dari perfilman itu sendiri.

Tema Hari Film Nasional 2017 adalah “Merayakan Keberagaman Indonesia”. Pada tahun ini Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Pariwisata bersama segenap pelaku perfilman bekerjasama dalam membentuk "Gerakan Merayakan Keragaman Indonesia Melalui Film”. Gerakan ini diharapkan dapat mengajak segenap komponen bangsa untuk bersama-sama memaksimalkan film sebagai medium populer membangun dan mempertahankan budaya bangsa melalui peningkatan produksi dan distribusi film-film keragaman Indonesia.

Terdapat enam program utama pada Hari Film Nasional 2017: Satu Bulan Menonton Film Indonesia, Diskusi dan Penayangan Film, Workshop, FILARTC, dan Film Project. Semua program berlangsung dari 1 Maret sampai 1 April 2017, dengan malam puncak yang jatuh pada 30 Maret 2017. Program-program Hari Film Nasional akan berlangsung di Jakarta dan sejumlah kota lainnya.

Salam Hari Film!

Artikel Terkait