Merayakan Keberagaman Indonesia
Perfilman Indonesia

Fast Fest 2017 Dukung Industri Animasi Nasional

Yayasan Tarumanagara melalui Tarumanagara Knowledge Centre bergandengan dengan Universitas Tarumanagara menggelar Film Animasi Tarumanagara Festival 2017 (Fast Fest 2017). Agenda ini diadakan di Universitas Tarumanagara Jakarta pada tanggal 8-10 Mei 2017 ini dimotori oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Trumanegara, serta didukung oleh PT Teknologika Utama. Agenda ini diselenggarakan untuk mendukung perkembangan animasi Indonesia.

“Para pegiat animasi di Indonesia terus membangun industri animasi. Hasilnya bisa dilihat  dari banyaknya tayangan film-film animasi di tv nasional maupun layar lebar pada beberapa tahun belakangan ini,” jelas Sonny Adi Purnomo, Ketua Bidang Acara Fast Fest 2017.

Fast Fest 2017 terdiri dari beberapa rangkaian acara, antara lain pemutaran film-film animasi Indonesia dalam Layar Animasi, talkshow dan seminar animasi, serta pameran studio-studio animasi. Terdapat pula lomba pembuatan film animasi pendek selama 48 jam non-stop yang bertajuk “Asiagraph Reallusion Award 2017 Local Round Indonesia”.


Sonny juga menyampaikan bahwa Fast Fest 2017 adalah agenda yang ditujukan untuk memberikan wadah bagi dunia pendidikan agar dapat bertemu langsung dengan pakar-pakar dunia industri dan bertukar pikiran sehingga keduanya dapat berjalan dalam satu tujuan untuk membangun animasi Indonesia. Dalam hal ini, lanjut Sonny, pendidikan animasi menjadi salah satu gerbong untuk mendukung dunia industri.

Hal tersebut terwujud dalam acara talkshow dan seminar animasi di Fast Fest 2017 yang bertema “Perkembangan Animasi di Indonesia dan Menyongsong Masa Depan Industri Film Animasi Indonesia di Kancah Dunia”. Talkshow tersebut dihadiri oleh tokoh dan pakar dari dunia Industri dan pendidikan animasi Indonesia, seperti M. Abduh Azis (Direktur Utama PFN), Seung-Hyun Oh (CCO MNC Animation), Alfi Zachkyelle (Founder Kampoong Monster), Lance Mengong (Director INAMA), Aryanto Yuniawan (CEO MSV Pictures), Patrick Effendy (CEO Visual Expert), Ellen Xie (Former APM Lucas Film Animation), Romy Oktaviansyah (Progam Head Animation & Games IDS), dan sosok-sosok lainnya.

Fast Fest 2017 sejalan dengan pemerintah yang terus berupaya meningkatkan industri film agar dapat berkontribusi bagi pembangunan, melalui upaya Perum Produksi Film Negara (PFN) dan BEKRAF. Para pegiat seni pun punya inovasi masing-masing untuk mendorong industri ini, termasuk karya animasi sebagai salah satu subsektor dalam industri kreatif. (Yulaika Ramadhani)

Berita Terkait